Inilah perbedaan samsung m12 dengan samsung a12 yang wajib kalian tahu

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Di kesempatan kali ini kita akan coba compare atau mensejajarkan antara samsung m12 dengan samsung a12, kenapa? Karena kedua handphone besutan samsung ini mempunyai banyak kesamaan, mulai dari segi desain hingga kameranya. dan kira-kira lebih oke yang mana sih untuk dibeli? Pilih samsung m12 atau samsung a12 mengingat harganya hanya beda sedikit, jadi pastikan kamu baca sampai akhir agar kalian tidak salah pilih.

Sebelum lanjut, saya disclaimer dulu bahwa kedua handphone ini memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit berbeda, Samsung m12 berkapasitas ram-nya 4Gb dengan memori internal 64 giga yang dijual dengan harga   Sedangkan 2 Jutaan sedangkan samsung a12 memiliki kapasitas RAM 4 dengan memori internal 128 giga dengan harga 2,3 juta rupiah.

Yang pertama kita lihat dari segi desainnya terlebih dahulu, jika sekilas kita lihat, keduanya memiliki tampilan dan tata letak sama persis nyaris tanpa ada perbedaan.  Di bagian belakang ada frame kamera kotak yang menampung 4 lensa, satu led flash dan logo samsung di bagian bawah.  Untuk covernya juga sama menggunakan bahan polycarbonate dengan finishing yang met atau doff, yang membedakan hanya pola garis bagian belakangnya saja. Untuk tata letak tombol juga sama, pada bagian sebelah kanan ada tombol volume dan tombol power yang merangkap jadi satu dengan sensor sidik jari atau yang biasa disebut dengan side fingerprint.

Di bagian sebelah kiri ada slot simcard, di bagian bawah ada port audio, microphone, port charger yang sudah menggunakan USB type C dan lubang grill speaker.  Untuk bagian depan atau layar juga sama, keduanya sama-sama memiliki ukuran layar sebesar 6,5" HD+ PLS LCD dengan resolusi 720x1600 pixel, Yang berbeda pada kedua hape ini di bagian layar adalah samsung m12 sudah support 90Hz sedangkan samsung a12 hanya 60Hz.  Sedangkan dari segi desain hampir semuanya sama, yang berbeda di sini hanya ketebalan dan beratnya saja, body samsung m12 lebih tebal dan lebih berat jika dibandingkan dengan a12.  Bobot samsung a12 hanya 205 gram sedangkan m12 sekitar 220 gram, dari segi ketebalan samsung a12 memiliki ketebalan hanya 8,9mm sedangkan m12 memiliki ketebalan 9,7mm. Jadi bodi samsung m12 ini agak kurang nyaman di genggam terlalu lama jika menggunakan satu tangan.

Dari segi spesifikasi perbedaan keduanya juga tidak terlalu banyak, samsung m12 memiliki kapasitas ram sebesar 4Gb dan internal memori 64gb dan support memori external hingga 1TB. Di bekali dengan prosesor exynos 850 octa core 8 nanometer yang merupakan chipset besutan samsung sendiri.  Dengan kapasitas baterai 5000mAh dan sudah di dukung dengan fast charging 15W. Sedangkan samsung A12 di bekali dengan ram 4 gb dan memori internal sebesar 128Gb, menggunakan chipset mediatek helio P35 octa core 12 nanometer. dibekali dengan baterai yang sama berkapasitas 5000 mAh dan juga sudah fast charging 15 watt, dari semua spesifikasi yang ada skor Antutu yang dihasilkan lebih unggul di samsung m12 dibandingkan a12.  Samsung M12 mampu menghasilkan skor di antutu sebesar 100.000 lebih sedangkan  a12 hanya 90 ribuan saja, memang cukup unik mengingat dari segi harga cukup lumayan beda jauh, tapi performa yang dihasilkan berbanding terbalik.

Saat main game lebih enak di samsung a12 daripada m12, sebagai contoh main pubg mobile misalnya di samsung m12 mampu menghasilkan grafik hingga smooth ultra, balance ultra dan mentok sampai sd high. Sedangkan samsung a12 hanya bisa sampai smooth medium dan balance medium saja, cukup aneh memang.  Sampai di sini kita juga sudah bisa menilai kalau untuk performa lebih unggul m12 dibandingkan a12, hanya yang perlu di garis bawahi bahwa sensor yang disediakan kedua hape ini tergolong minim alias banyak yang absen. Jangan berharap sensor grade ada di kedua hp ini karena sudah pasti belum ada, dan sensor magnet juga belum ada di kedua hp ini, jadi saat digunakan sebagai kompas atau hanya sekedar mencari arah kiblat belum bisa, baik di samsung a12 apapun samsung m12.  Sangat disayangkan hanya mencari arah kiblat saja tidak bisa.

Untuk kameranya kedua hp ini memiliki jumlah lensa yang sama, keduanya dibekali dengan 4 lensa.  Samsung m12 memiliki 48 megapiksel kamera utama 5 megapixel kamera ultra wide, 2 megapiksel kamera bokeh dan 2 mp kamera makro, untuk kamera depan mempunyai resolusi sebesar 8 megapiksel.  Untuk samsung a12 juga memiliki jumlah kamera yang sama dan besaran pixelnya juga sama serta fitur kamera yang ditawarkan pun juga sama saja.  Yang perlu digaris bawahi untuk fitur slow motion, photo mode malam dan fitur ultra stabilizer video belum ada di kedua hape samsung ini. Jadi dai segi kamera tidak ada perbedaan sama sekali.

Dari semua poin yang sudah kita bahas, perbedaan yang mencolok antara kedua hp ini hanya terletak pada ketebalan bodinya, chipset yang digunakan dan internal memory nya saja dan selebihnya banyak kesamaan diantara keduanya. Dan kesimpulannya jika kalian mementingkan ram besar dengan harga lebih murah dan performa gaming yang lebih oke maka saya sarankan kalian pilih samsung m12.  Tapi jika kalian bukan tipe yang suka game dan lebih mementingkan desain yang slim dan memori lega agar bisa menimpan banyak file dan dokumen, kalian bisa pilih samsung a12 karena memory internalnya sendiri sudah 128 Gb.

Tapi semua pilihan jatuh ke tangan kalian, sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Di sini saya hanya memberi informasi perbedaan kedua hape tersebut agar kalian tidak bingung atau salah pilih, cukup sekian semoga tulisan ini mudah dipahami terima kasih banyak sudah membaca hingga selesai.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

1 Response to "Inilah perbedaan samsung m12 dengan samsung a12 yang wajib kalian tahu "

  1. Revibe is the solution to buying second-hand devices with trust and confidence in Saudi Arabia. We only sell top-notch mobiles under tremendous renewed electronics technology that are checked by experts. cheap samsung phones

    ReplyDelete