Menambah channel mobil RC

Cara merubah channel mobil RC,
Cara ubah channel atau kode perintah terinspirasi waktu beli mobil RC di sebuah toko mainan.

Pas lagi liat-liat jejeran mobil RC mini, ada satu mobil yang menarik perhatian. model buggy dilengkapi lampu led warna warni di bagian rodanya. Yang bikin penasaran di remote kontrolnya selain saklar on/off ada satu buah saklar lagi dengan tulisan A, B, C.

Cara ubah frekuensi mobil remot

Akhirnya untuk menuntaskan rasa penasaran saya beli tuh mobil. Harganya lumayan juga, 2 kali lipat dibanding dengan mobil RC yang saya beli buat disewakan. Tapi ga apalah, pikir saya waktu itu. Saya beli 2 buah biar tahu buat apa fungsi saklar itu.

Sampai rumah langsung bongkar dan cek. Oalah....ternyata cuma kabel, dari kaki saklar terhubung ke IC pin dengan di batasi 3 buah transistor. Lalu fungsinya buat apa? Di mobil RC tanpa saklar abc, tahanan atau resistor ini cuma satu. fungsinya adalah sebagai pengatur kode perintah, atau channel dan bersifat permanen.

Jadi secara garis besar fungsi saklar tersebut agar kode perintah yang tadinya cuma satu channel bisa di ubah-ubah menjadi tiga channel.


Fungsi saklar A, B, C di mobil RC

Kalau kalian yang sudah pernah beli pasti tahu. Jadi fungsi saklar tersebut, misalkan kita punya tiga buah mobil model seperti itu. Kita namakan mobil A, B, C. Saat saklar di ketiga mobil RC pada posisi A, dan remote A di posisi A, maka ketiga buah mobil bisa dikendalikan semua.

Tapi jika mobil A di posisi A, mobil B di B dan mobil C di posisi C, hanya mobil A yang bisa di kendalikan oleh remote A (posisi saklar A). Jadi intinya agar tidak bentrok, posisi saklar di mobil dan remote kontrolnya harus sama.

Saklar A dengan A, B dengan B, C dengan C. Bingung? Ini sama dengan artikel terdahulu yaitu cara ubah frekuensi mobil RC


Baca juga Mengubah Frekuensi mobil RC


Bedanya kalau di artikel terdahulu yang di ubah adalah frekuensi pembawa dengan memutar inti ferit, kalau sekarang yang di ubah adalah channelnya atau kode perintah.

Jadi frekuensi pembawa antara pemancar dan penerima tetap sama. seperti yang tertera di mobil RC misalkan 27 Mhz. Bagaimana cara menerapkannya di mobil RC yang biasa? (tanpa saklar A,B,C)



Menerapkan cara merubah chanel mobil RC

Pertama kali saya mencoba metode ini dengan cara menjiplak sama persis. Tapi susah bro..karena mobil RC punya saya memiliki ukuran mini alias kecil. Sedangkan saklar yang ada di toko elekteonik tidak ada yang kecil.

Ya sudah akhirnya saya bikin permanen saja. Maksudnya gimana? Lalu bagaimana kita menerapkannya di mobil remote kita? Saya tidak membuat saklar tambahan di setiap mobil, tapi mengubah resistor langsung di posisinya.

Masih bingung?

Begini guys, rangkaian pemancar (remote kontrol) dan penerima (mobil) memakai IC tx-rx 2B. Di kaki-kaki IC tersebut ada dua kaki OSC yang dihubungkan sebuah resistor dengan nilai default 200K ohm atau 220K ohm. Untuk bagian penerima (mobil RC) resistor ini ada di kaki 4 dan 5.

Sedangkan di pemancar (remote kontrol) ada di kaki 11 dan 12. Ada juga remote kontrol yang memggunakan IC kaki 10, posisi resistor ada di kaki 8 dan 9.



Nah resistor inilah yang kita ubah nilainya. Kelipatannya 100K ohm kebawah atau keatas dari nilai defaultnya.

Misalkan kita punya 3 buah mobil RC dengan frekuensi 40 Mhz. Kita kasih nama mobil K, L, dan M. Dan resistor kode perintahnya sama yaitu 220K ohm. Ganti resistor di mobil K dan remote kontrolnya dengan nilai 100K ohm. Mobil L biarkan saja. Lalu resistor di mobil M dan remote kontrolnya, ganti dengan nilai 330K ohm.

Sekarang kita punya 3 buah mobil RC 40 Mhz dengan kode perintah yang berbeda. Oh ya guys, saya pernah mencoba menambah satu channel lagi dengan mengganti satu mobil RC lagi dengan nilai 470K ohm dan berhasil. Jadi dalam satu frekuensi pembawa ada 4 channel atau kode perintah.

Hanya saja untuk nilai resistor 470K ohm ada sedikit kendala, dimana saat remote control kita jalankan, mobil RC tidak langsung merespon. Ada jeda nol koma sekian detik mobil RC menjalankan perintah dari remote control-nya.




Kalian bisa mengembangkan metode sendiri diatas dengan mencoba mengubah nilai resistor selain contoh dari saya. Jika masih belum paham silahkan hubungi saya di laman contack.

14 Responses to "Menambah channel mobil RC"

  1. assalamualaikum kang..mo nanya kalo R diremot dan di penerimanya beda gimana kang.setelah di cek R di remot 154 dan R di penerimanya 124,apakah tetap di ganti dengan R kelipatan 100 yang sama nilainya.trimakasih kang...

    ReplyDelete
  2. Kalau masih sekitar 100kiloohm biasanya masih konek...kalau mau diubah bisa disamakan R nya misal jadi 100kohm

    ReplyDelete
  3. bang request tentang mobil rc 2.4ghz dong..

    ReplyDelete
  4. Mas, kenapa ya remote bagian belok berfungsi jika bagian maju mundurnya harus ditekan juga? kenapa ga bisa sendiri2 ya ?, hanya ditekan beloknya aja langsung belok

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuma beda di output uc remotenya...intinya sama saja tinggal di ubah di keluaran dri IC nya

      Delete
  5. Mobil sya GK bisa terima perintah tempatnya..kira" kenapa y trus ap yg d cek.. tipe rc Transformers yg zj-620R kang..bagi ilmu kang

    ReplyDelete
  6. pke frekuensi apa mas? Mhz atau Ghz? coba cek di tombol remotenya msh berfungsi ga?

    ReplyDelete
  7. Kang,cara nambah sinyal supaya jarak nya jauh gmana kang? Mobil saya cuma bisa jarak 1meter doang .minta tolong kang Kasih tau caranya.aturnuhun

    ReplyDelete
  8. Kang punten.saya pemgem tau caranya supaya remot saya bisa jarak nya bisa jauh kang.maslahnya ini mobil cuma bisa berjarak 1 meter doang.punten minta solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dri pertama beli sdh pendek jaraknya coba ganti kapasitor keramiknya..
      kalau pernah di putar kokernya ada beberapa kemungkinan misal frekuensi yang belum pas, harus ada komponen yg ikut di ganti pada bagian iscilatornya

      Delete
  9. Kalau di mobil pakai koker dan di remote pakai xtal/crystal 49
    Untuk merubah frekuensi diremot gimana gan

    ReplyDelete
  10. Kalau di mobil pakai koker dan di remote pakai xtal/crystal 49
    Untuk merubah frekuensi diremot gimana gan

    ReplyDelete
  11. @mulyadi maaf baru sempat balas...untuk ubah frekuensi remot dengan cara ganti kristalnya bs cari ditoko elektro
    Untuk info lainnya silahkan kunjungi blog saya yg lainnya di iwansadjadotcom atau channel youtube "iwan sadja"

    ReplyDelete